Apa yang terjadi pada saat  sesi les privat ?

Zetaprivate.com – Apa yang terjadi pada saat  sesi les privat ? Ini bukan pertanyaan yang mudah dijawab, karena tergantung pada banyak faktor – Berapa usia siswa? Mengapa masalah belajar harus dipecahkan? Atau topik baru apa yang perlu dipelajari? Di mana sesi berlangsung? Berapa lama? Gaya belajar apa yang paling cocok dengan siswa khusus ini? Apakah ini sesi individu atau grup? … dan banyak lagi. Namun, ada beberapa prinsip umum yang perlu dipertimbangkan.

Sebelum sesi: (sekitar 1/2 jam, sering lebih)

(Tutor sering menghabiskan lebih banyak waktu daripada yang Anda harapkan dalam persiapan pelajaran, dan setelahnya, dalam mencatat catatan untuk membantu mempersiapkan pelajaran di masa depan. Biaya per jam Anda mungkin benar-benar mencakup beberapa jam – atau lebih – dari waktu guru).

Tutor akan membuat rencana pelajaran untuk sesi tersebut, dengan sasaran berdasarkan kemajuan siswa di sesi sebelumnya, pedoman dari guru kelas siswa, dan informasi berguna lainnya seperti diskusi dengan orang tua.

Jika perlu, tutor akan berkonsultasi dengan guru siswa untuk melihat bahan sumber daya apa dan latihan tambahan yang mungkin diinginkan guru untuk digunakan; dan tutor juga akan menemukan atau membuat sumber daya lain untuk digunakan dalam sesi.

aktivitas sesi les privat

Tutor akan meninjau catatannya dari sesi sebelumnya untuk memeriksa kebutuhan pembelajaran yang ditunjukkan saat itu.

Tutor akan menyiapkan pekerjaan rumah yang tepat bagi siswa untuk dibawa pulang setelah sesi yang akan datang.
Di awal sesi (sekitar 5 menit):

Tutor dapat mengobrol secara informal selama beberapa saat dengan siswa tentang minat dan kegiatan mereka. Ini membantu siswa menjadi lebih nyaman, dan diskusi semacam itu meningkatkan hubungan tutor-siswa, serta menyediakan tutor dengan pemahaman yang lebih baik tentang siswa.

Tutor akan menghabiskan sedikit waktu untuk memastikan rencananya untuk sesi berjalan sesuai rencana. Pertanyaan dapat diajukan yang akan membantu tutor menentukan masalah yang mungkin dialami siswa. Tutor dapat mengajukan pertanyaan tinjauan dari materi yang diajarkan di sesi sebelumnya, untuk memastikan siswa telah memahami sejauh ini.

Jika pekerjaan rumah telah ditetapkan, tutor akan memeriksanya, dan mendiskusikan kesulitan apa pun. Jika siswa telah membawa pekerjaan terkait dari kelas sekolah, pengajar akan memeriksa itu juga, serta catatan atau informasi lain dari guru kelas siswa.

Jika tutor telah berbicara dengan guru siswa sejak sesi bimbingan terakhir, informasi dari pertemuan tersebut juga dapat didiskusikan (penting bagi pengajar dan pengajar untuk berada di jalur dengan tujuan mereka – dan siswa juga). Pertanyaan tutor juga akan membantu menunjukkan apakah siswa telah siap, dan bagaimana motivasi siswa saat ini. Jika perlu, tutor mungkin harus menyesuaikan rencana pelajaran agar sesuai dengan keadaan yang ditunjukkan oleh diskusi pembuka ini.

Tutor dapat mengajukan beberapa pertanyaan, atau memberi siswa “tes singkat” singkat dari materi yang akan dibahas dalam sesi saat ini. Ini akan membantu menunjukkan apa yang sudah diketahui siswa, dan apa yang perlu dicakup secara rinci dalam pelajaran.

Pelajaran baru: (sebagian besar jam)

Tutor dapat meninjau secara singkat tujuan yang diajarkan sebelumnya, dan kemudian mendiskusikan tujuan untuk sesi saat ini, menjelaskan proses yang akan digunakan.

Tutor akan melibatkan siswa sebanyak mungkin dalam semua aspek sesi, mendengarkan dengan saksama tanggapan, penjelasan, dan pertanyaan siswa, dan mengamati upaya siswa.

Tutor akan memberi informasi kepada siswa tentang kemajuannya saat sesi berlangsung. Jika ada masalah tak terduga, guru dapat menyesuaikan rencana pelajaran. Tutor akan memberikan umpan balik positif untuk keberhasilan, dan optimis dan mendorong ketika siswa mengalami kesulitan.

Tutor akan mendemonstrasikan dan mengajarkan materi baru, dan kemudian akan memberi siswa petunjuk dan penjelasan saat dia mengamati upaya siswa untuk melakukan pekerjaan baru. Namun tutor yang baik tidak akan mengerjakan tugas siswa untuk mereka. Tujuannya adalah agar siswa dapat menyelesaikan tugas secara pribadi.

Tutor akan membimbing siswa melalui cukup banyak contoh bahwa siswa akan mencapai titik untuk dapat melakukannya sendiri.

Tutor akan menggunakan berbagai gaya belajar. Orang yang berbeda belajar dengan cara yang berbeda. Beberapa gaya belajar termasuk visual / spasial (belajar dengan melihat), pendengaran (belajar melalui pendengaran), kinestetik / taktil (hands-on), linguistik (belajar dengan berkomunikasi melalui bahasa), logis / matematis, musikal, dan banyak lagi. Gaya belajar juga berbeda sesuai dengan tipe kepribadian (sosial, berorientasi pada pencapaian, kreatif, dll).

Ada banyak jenis kegiatan belajar yang terkait dengan gaya belajar yang berbeda. Pembimbing Anda dapat menggunakan berbagai jenis kegiatan untuk membantu siswa belajar dan mempertahankan pembelajaran mereka. Untuk daftar contoh matematika, membaca, menulis dan kegiatan pembelajaran umum yang mungkin Anda temui di sesi les – dan kegiatan hebat yang dapat Anda gunakan di rumah untuk memperkuat pembelajaran di sesi les – lihat artikel ini tentang kegiatan belajar. Jika Anda adalah keluarga homeschool, lihat artikel ini untuk ide lain.

Akhir pelajaran: (sekitar 5 menit)

Tutor akan memberikan latihan pekerjaan rumah yang tepat untuk siswa. Jika orang tua telah tiba untuk menjemput anak mereka, guru akan memasukkan orang tua dalam diskusi (ini sangat membantu, dan orang tua umumnya didorong untuk tiba pada waktunya untuk diskusi ini).

Jika orang tua tidak ingin anak memiliki pekerjaan rumah tradisional, tutor akan mendorong orang tua dan anak untuk menemukan cara untuk meninjau pelajaran yang dipetik dalam gaya “non-pekerjaan rumah”. Sebagai contoh, jika pelajaran telah di fraksi, tutor mungkin menyarankan bahwa orang tua termasuk anak di beberapa kue rumah, menekankan pengukuran. Atau jika pelajaran telah dibaca, tutor mungkin menyarankan beberapa judul buku yang akan sesuai untuk waktu tidur sebelum sesi berikutnya.

Tutor akan selalu mencoba mengakhiri sesi dengan catatan yang positif dan menggembirakan, sehingga siswa merasa mereka telah memiliki pengalaman sukses, dan berharap untuk belajar di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *