Cara mengajar anak membaca yang efektif dan Menyenangkan

Cara mengajar anak membaca yang efektif dan Menyenangkan | Dari semua kemampuan dasar anak-anak kita, belajar membaca mungkin salah satu yang paling dikhawatir oleh orang tua . Kita tahu bahwa anak-anak akhirnya akan berbicara, jika kita hanya tinggal menunggu sampai mereka siap, dan belajar warna mereka dari sekedar berinteraksi dengan dunia. Tapi ketika datang waktunya untuk dapat membaca, kita sering memberikan tekanan pada mereka – dan pada diri kita sendiri.

Pro kontra mengajarkan membaca pada anak usia dini

Banyak orang tua, berharap untuk memberikan anak-anak prasekolah sebagai dorongan ,dengan membeli mereka  banyak phonics workbook, alat peraga, perangkat lunak komputer dan lain sebagainya; beberapa bahkan menyewa tutor sebelum masuk sekolah dasar.

cara mengajar anak membaca

Mungkin masih ingat bagi orangtua generasi ini bagaimana memulai belajar membaca yang baru diperkenalkan di sekolah dasar bahkan untuk pengenalan huruf pun baru diajarkan pada tingkat tersebut.

Kami memahami karena perkembangan jaman dan tuntutan agar anak sudah bisa membaca diusia dini. Pro kontra terjadi antara pentingnya kemampuan membaca sejak dini dengan para pakar perkembangan anak yang mengatakan bahwa ada batasan usia ketika otak siap untuk bealajar membaca jika terus dipaksakan akan mempengaruhi minat baca anak itu sendiri.

Melalaui arikel ini Zeta private mencoba memberikan tips atau cara mengajar anak membaca yang efektif dan menyenangkan, semoga bermanfaat.

10 Cara mengajar anak membaca yang efektif

1. Baca untuk anak Anda

Mengajar anak Anda untuk membaca benar-benar sebuah proses yang dimulai pada masa kanak-kanak. (Tidak, saya pasti tidak menganjurkan program yang mengklaim untuk mengajar bayi Anda untuk membaca menggunakan flashcards!) Apa yang perlu Anda lakukan adalah untuk mulai membaca dengan bayi Anda dimulai saat kedatangan bayi anda di rumah.

bukan hanya waktu ikatan khusus untuk Anda berdua, hal ini akan  menanamkan dalam dirinya cinta untuk buku. Kenikmatan saat membaca merupakan salah satu hal terbesar dari membaca adalah suatu keberhasilan untuk anak usia sekolah. Jika anak-anak tidak belajar dari usia dini untuk menikmati membaca, kemungkinan besar akan menghambat kemampuan mereka dimasa yang akan datang.

2. Ajukan pertanyaan

Mengajukan pertanyaan saat membaca untuk anak Anda tidak hanya bagus untuk mendorong anak Anda untuk berinteraksi dengan buku, tetapi juga sangat efektif dalam mengembangkan kemampuannya untuk memahami apa yang ia baca.

Sementara anak Anda , menanyakan pertanyaan seperti, “Apakah Anda melihat kucing?” Sambil menunjuk gambar kucing. Hal ini tidak hanya akan mengembangkan kosa katanya, juga akan mendorong dia untuk berinteraksi dengan buku yang ia baca.

3. Jadilah contoh

Bahkan jika anak Anda terpesona dengan buku sejak usia dini, ketertarikan akan cepat berkurang jika dia tidak melihat contoh atau panutan di rumahnya. Jika Anda bukan seorang yang gemar membaca, membuat usaha sadar untuk membiarkan anak-anak Anda melihat Anda membaca untuk setidaknya beberapa menit setiap hari! Membaca majalah, buku masak, novel,  itu terserah Anda!

cara mengajar anak membaca yang efektif
cara mengajar anak membaca

4. Mengidentifikasi huruf disusun secara alami

Sebelum anak-anak kita lahir, kita dapat mengecat lalu mengantung huruf kayu besar ejaan nama mereka di atas boks sebagai aksen dekoratif di kamar mereka.  huruf huruf dari  kayu akan memiliki insentif pembelajaran dan anak bisa mengeja namanya . Dalam istilah teknis, ini disebut “environmental print” dan mencakup semua cetak kita dikelilingi oleh berbagai tanda (sign).

5. Memasukkan beberapa domain perkembangan

Anak-anak belajar terbaik ketika beberapa indera atau perkembangan fungsi tubuh sudah terbentuk. Itu sebabnya pembelajaran melalui tangan menghasilkan retensi lebih lama dan aplikasi yang lebih bermakna. Setelah anak Anda telah menunjukkan minat dalam huruf dan Anda sudah mulai memanfaatkan pengaturan alam untuk mengidentifikasi  hurus-huruf  itu, mulai menerapkan kegiatan yang menggabungkan banyak indra . Perlu diingat bahwa belajar nama-nama huruf tidak sepenting belajar suara mereka!

 

6. Mengklasifikasikan Jenis Buku

Setelah anak Anda  sekitar 5 tahun dan dapat mengenali perbedaan antara yang nyata dan membuat-percaya, saya akan sarankan mulai untuk membantu anak memahami berbagai genre buku selama waktu membaca Anda bersama-sama.

Hal ini mungkin tampak rumit, tapi itu benar-benar tidak. Ada sekitar 5 genre yang berbeda dari buku anak-anak bahwa saya akan mendorong Anda untuk menunjukkan kepada si kecil. Tentu saja Anda dapat menggunakan istilah “jenis” bukan “genre” jika itu lebih mudah untuk diingat.

  • Nonfiksi (kisah nyata atau fakta-fakta tentang hewan, tempat, orang, dll)
  • Fantasi (membuat-percaya, tidak bisa terjadi dalam kehidupan nyata karena sihir, binatang berbicara, dll)
  • Fiksi realistis (cerita yang dibuat-buat, tetapi secara teknis bisa terjadi dalam kehidupan nyata karena karakter dan situasi arebelievable)
  • Buku alfabet
  • Buku lagu

 

7. Pengelompokan kata

Sederhananya, kelompok kata adalah kata-kata yang berima. Mengajar anak-anak kelompok kata  adalah kegiatan kesadaran fonemik yang membantu anak-anak melihat pola dalam membaca. Ini merupakan keterampilan penting karena memungkinkan anak-anak untuk mulai “membaca” dengan mengelompokkan set huruf dalam kata. Bagian pertama dari sebuah kata disebut onset dan bagian terakhir kata nyaman disebut rima.  seperti kata : buat, kuat, bulat , pekat yang meliki akhiran yang sama “at”.

8. fonemis Kesadaran dan Phonics

“Fonem” adalah suara terkecil dalam bahasa Inggris (pergi di sini untuk daftar lengkap dari fonem). Suara ini terdiri dari konsonan, vokal pendek, vokal panjang, dan digraf. “Fonemik Kesadaran” terdiri dari belajar suara-suara dan cara memanipulasi mereka dalam kata. Digraf yang suara yang unik terdiri dari huruf individu seperti / th /, / sh /, / ch /, dll

 

9. Decoding

Decoding sering disebut sebagai “terdengar keluar.” Ini merupakan elemen penting dalam mengajar anak Anda untuk membaca, tapi jelas bukan yang paling penting. Setelah anak Anda tahu suara setiap huruf membuat (yang diajarkan secara real, situasi bermakna), dia siap untuk mulai menempatkan kata-kata bersama-sama. Ketika melihat sebuah kata singkat, mendorong dia untuk mengatakan setiap suara / b /, / a /, / t / individu, dan kemudian menempatkan mereka bersama-sama “bat”.

10. Kata-kata penting

kata penting, juga dikenal sebagai kata-kata frekuensi tinggi, adalah kata-kata yang paling umum dalam bahasa tertulis dari kami yang seringkali sulit untuk memecahkan kode fonetis karena mereka tidak mengikuti aturan phonics. Karena itu, mereka harus hafal. Seperti yang saya telah berbagi dengan Anda sebelumnya, saya bukan penganjur menghafal untuk belajar optimal karena saya merasa itu hanya menggunakan tingkat terendah dari proses kognitif. Namun, kata-kata sight harus hafal agar anak Anda untuk menjadi pembaca fasih.

 

bagi anda yang membutuhkan bantuan profesional untuk membantu putra-putri anda untuk dapat membaca dapat menghubungi zetaprivate.com penyedia jasa layanan guru les privat membaca untuk anak usia dini yang pengajar dapat dipanggil ke rumah.

One thought on “Cara mengajar anak membaca yang efektif dan Menyenangkan

  1. Pingback: Keuntungan Metode Les Privat Untuk Anak Dengan Guru Privat Ke Rumah Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *