Tips belajar matematika untuk gaya belajar kinestetik

Pembelajaran kinestetik (juga taktil, fisik, tangan atau keterampilan belajar) melibatkan siswa belajar dengan melakukan aktivitas fisik daripada hanya mendengarkan ceramah atau menonton demonstrasi atau membaca dan menulis tentang topik.

Kegiatan belajar kinestetik melibatkan siswa yang menggunakan gerakan tubuh untuk mengeksplorasi konsep dan kemudian menjelaskan, dengan kata-kata mereka sendiri, bagaimana gerakan tubuh tersebut menjelaskan dan terkait dengan konsep tersebut.

Penjelasan dasar yang baik dari pembelajaran kinestetik dapat ditemukan di Wikipedia. Pada suatu waktu, ia berpikir bahwa anak-anak yang berbeda memiliki “gaya belajar” yang berbeda – termasuk pembelajaran kinestetik – dan bahwa menemukan dan berfokus pada “gaya” anak akan menghasilkan pembelajaran yang lebih baik. Namun

Bagaimana dengan “Gaya Belajar”? Pada suatu waktu, ia berpikir bahwa anak-anak yang berbeda memiliki “gaya belajar” yang berbeda – termasuk pembelajaran kinestetik – dan bahwa menemukan dan berfokus pada “gaya” anak akan menghasilkan pembelajaran yang lebih baik.

Namun, bukti sekarang menunjukkan bahwa “modality campuran” belajar-menggunakan berbagai gaya belajar / pendekatan, termasuk pendengaran, visual, kinestetik, dll-yang terbaik untuk meningkatkan pembelajaran. Pada saat yang sama, untuk anak-anak yang mengalami kesulitan berfokus pada pendekatan tradisional seperti ceramah atau membaca dan menulis, atau secara alami sangat aktif, teknik kinestetik dapat sangat membantu.

metode matematika  belajar kinestetik

Memori kinestetik: Keuntungan lain dari kegiatan semacam ini adalah bahwa mereka membantu memindahkan pembelajaran tradisional konsep-konsep baru dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang. Ini melibatkan efek emosi positif yang terkait dengan aktivitas fisik seperti kegembiraan dan keingintahuan.

Contoh Kegiatan: Berikut ini beberapa contoh kegiatan yang telah berhasil baik dengan siswa les saya; Anda dapat menggunakan ini sebagai ide awal untuk mengembangkan kegiatan Anda sendiri untuk / dengan anak-anak Anda:

  • Untuk belajar angka : Dengan jari Anda, angka “gambar” di punggung anak atau di telapak tangannya (dengan anak tidak melihat) dan minta anak mengidentifikasi nomor tersebut; minta anak “menggambar” angka-angka di udara dengan lengannya; menginjak blok trotoar atau pengadilan hopscotch, menghitung dengan keras (atau hanya menghitung langkah sambil berjalan); hitung langkah-langkah saat menaiki tangga
  • Untuk melatih keterampilan angka (dan menulis!), Alat tulis besar dan permukaan bertekstur dapat membantu. Misalnya: minta anak menulis dengan potongan kapur besar di trotoar; atau tulis dengan jarinya di atas meja dengan kain kain bertekstur atau di atas pasir atau cambuk atau cat jari
  • Untuk menghafal fakta matematika: naikkan bola atau lompat tangga atau lewati tali atau lompat di trampolin sambil membaca fakta matematika
  • Mempelajari angka-angka ganjil dan genap: aduk-aduk bola (odds dan evens); mengatur nomor kartu di lantai, langkah dari kartu ke kartu, melihat masing-masing dan mengatakan nomor – kemudian ulangi, melompati angka-angka untuk berlatih melewatkan-menghitung dengan 2 dan 3
  • Matematika praktis (dan membaca / menulis): Menggunakan selebaran belanjaan, lihatlah gambar-gambar dan catat barang-barang untuk daftar belanjaan (untuk anak-anak dengan kesulitan menulis, potong gambar-gambar barang dan tempelkan ke kertas “daftar belanjaan”), gunakan kalkulator untuk menambah harga, pergi ke bank dan mengambil uang, kemudian pergi ke toko dan berbelanja barang-barang, membandingkan kata-kata di daftar dengan kata-kata pada barang, dan akhirnya, membayar tunai untuk bahan makanan, menghitung uang. Di rumah, letakkan barang-barang belanjaan, periksa setiap barang di daftar saat barang tersebut dikeluarkan dari tas.

Praktis, langsung, aktivitas fisik seperti ini benar-benar dapat meningkatkan pembelajaran seorang anak yang berjuang dengan metode pembelajaran “teoritis” atau “dokumen”. Akan sangat membantu jika anak itu menjelaskan setelah itu, dengan kata-katanya sendiri, konsep yang dipelajari.

Jenis kegiatan kinestetik lainnya termasuk mencoret-coret, membuat grafik, lukisan, pemetaan pikiran, webbing, dll .; pemodelan dan bangunan dengan tanah liat, kayu dan bahan lainnya; bermain peran, drama, dan menari; kegiatan olahraga dan senam (menerapkan konsep seperti fisika, pengukuran, petunjuk arah, dll.); “percobaan sains” langsung; penggunaan manipulatif; teater musikal dan / atau instrumen bermain; eksplorasi di luar lingkungan; dan permainan fisik seperti tebak kata sandi. Perhatikan bahwa banyak dari kegiatan ini dapat dilakukan dalam kelompok maupun individual.

jika anda membutuhkan bimbingan dari profesional bisa mengambil kursus les privat matematika dengan guru les datang ke rumah anda info dan pendaftaran hubungi zetaprivate.com saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *